Tips Mancing Ikan Lele di Empang

Share Info ~ Memancing ikan lele di empang / kolam pemancingan saat ini memang banyak digemari oleh para pecinta mancing, di karenakan umumnya yang cukup mudah didapat dan keagresifan si ikan lele dalam memankan umpan pancing menjadi saat – saat yang sangat dinikmati dan ditunggu – tunggu oleh para pecinta mancing.

Ikan lele ini merupakan ikan nokturnal yang di habitat alaminya saat mencari makan lebih agresif pada malam hari dan pada siang hari lebi jeada berdiam diri dan berlindung di tempat yang teduh dan gelap. Namun di empang atau di kolam pemancingan ikan lele yang paling biasa dipakai untuk dipancing adalah ikan lele hasil budidaya di empang alias bukan dari alam.

Baca Juga : Aroma Essen Untuk Umpan Ikan Lele

Ikan lele yang di budidayakan di empang ini sudah sejak dari kecil diberi makan baik dipagi hari, siang hari sore hari ataupun malam hari, sehingga ikan lele ini sudah tidak lagi menjadi berperilaku nokturnal murni akan tetapi mencari makan disetiap waktu saat ikan lele merasa lapar. Nah berikut kami akan berikan informasi mengenai Tips Mancing Ikan Lele di Empang agar lebih mudah dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Begini Tips Mancing Ikan Lele di Empang Paling Ampuh

1. Siapkan Umpan Jitu

Biasanya umpan lele ini sangat mudah di temukan dan sangat disukainya yaitu :

  • Cacing tanah.
  • Ulat daun pisang.
  • Serangga seperti laron.
  • Telur Semut / Kroto
  • Potongan daging ikan dan belut (bisa dikukus, dibakar ataupun digoreng dan diberi Essen)
  • Potongan daging unggas dan sapi (bisa dikukus digoreng ataupun dibakar)
  • Pelet ikan lele yang sudah jadi / siap pakai, lalu dicampur dengan daging giling ataupun dicampur daging ayam yang sudah dikukus.

Pada saat memancing bawalah lebih dari 2 macam umpan yang tertera pada No. 1 dikarenakan selera ikan lele yang cepat berubah dalam makan.

2. Gunakan Mata Kail yang Tepat

Gunakan kail / mata pancing ukuran 8 – 10 sesuai selera anda dan kaitkan 2 atau 3 mata kail, benang pancing yang kuat untuk menarik ikan berukuran 3 Kg dan usahakan berwarna tidak terang. gunakan pelampung yang agak tinggi agar lebih mudah melihat pancing anda sudah dimakan atau belum oleh ikan.

Baca Juga : Resep Umpan Galatama Lele Bahan Dasar Udang

3. Pilih Tepat / Spot Lapak Mancing

Carilah Tempat / Lapak yang kira-kira banyak galian tanah di empang yang cukup dalam walaupun pada saat baru ditaruh dikolam ikan lele akan langsung memutari kolam pemancingan tetapi besar kemungkinan ikan akan lebih dahulu menghampiri kolam yang lebih dalam galian tanahnya.

Jika ada lapak di pinggir empang tersebut yang bersisian dengan keramba biasanya ikan lele akan menghampiri kesisi tersebut. Jika anda memancing disiang hari cari posisi tempat yang teduh dan apabila kelihatan ada lobang pada pinggir kolam pemancingannya biasanya ikan lele bersembunyi disekitar tempat tersebut.

4. Lihat Selera Makan Ikan

Ikan lele sering berubah-ubah selera makannya pada saat sudah berada didekat umpan anda biasanya dia hanya melewati umpan tersebut dan terkadang menyentuh benang pancing anda sehingga pelampung anda bergoyang. Pada saat seperti ini sebaiknya anda segera menyentak pancing anda dengan harapan mata pancing anda tersangkut pada tubuh si ikan tersebut.

Mungkin cukup sekian penjelasan artikel dari kami mengenai Tips Mancing Ikan Lele di Empang, semoga dapat bermanfaat untuk anda khususnya para pecinta mancing. Jika anda suka dengan artikel ini silahkan share ke seluruh sosial media yang anda punya. Jangan lupa jika anda mempunyai kritik dan saran silahkan langsung komen saja di kolom komentar. Selamat Mencoba! SALAM STRIKE MANTAP !!

advertisement :

Tips Mancing Ikan Lele di Empang | Barracuda

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*