Tips Mancing Ikan Patin Menggunakan Senar Kecil

Essenbarracuda.com ~ Hay sobat pecinta mancing, tentunya sobat mancing tahu dong dengan ikan patin. Ikan patin adalah salah satu jenis ikan air tawar yang banyak diminati para pecinta mancing. Tubuhnya yang panjang dan sedikit liar menjadi tantangan tersendiri pada saat ikan patin terkail dan strike.

Untuk memancing ikan patin bisa menggunakan rangkaian pancing bisa memakai pelampung atau glosor. Umumnya terdiri dari 1-2 mata kail dengan ukuran kecil sampai sedang. Dikarenakan ikan patin ini memiliki mulut yang tidak terlalu besar disarankan menggunakan kawat nikelin kecil dan lemas, kili – kili sera timah pemberat.

Berikut ini kami jelaskan Tips Mancing Ikan Patin Menggunakan Senar Kecil yang memang tidak banyak orang yang menggunakannya. Langsung saja berikut ini kami akan bahas penjelasannya simak di bawah ini.

  • Jika sobat mancing ingin menggunakan pelampung, maka berilah jarak antara kail dan pelampung harus sama dengan kedalaman sungai atau kolam agar umpan dapat menyentuh dasar.
  • Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu ikatkan pancing ke nikelin/kenur pandu sepanjang 5-7 cm, kemudian ikatkan nikelin ke kili-kili.
  • Sebelumnya kili-kili harus diikatkan ke senar utama, jangan lupa untuk memasukkan timah pemberat di senar utama.
  • Pastikan timah pemberat yang digunakan adalah timah yang berlubang di tengah (timah melinjo) sehingga timah dapat bergerak leluasa di senar utama.
  • Setelah timah dimasukkan, ikatkan senar utama ke kili-kili yang tersambung dengan mata kail.
  • Setelah rangkaian pancing jadi, gunakan karet stopper di senar utama sebagai penjaga agar timah tidak berjalan terlalu jauh dari kili-kili.
  • Jarak 5 cm biasanya sudah cukup baik. Ikan patin tidak akan membawa umpan dalam satu kali sentakan, begitu senar bergerak, hentakan jorannya. Apabila terlambat menyentak maka umpan akan terbuang sia-sia.

Mancing ikan patin akan terasa mengasyikan apabila dipancing dengan senar kecil. Untuk pemula disarankan senar berukuran 8-12 lbs, bagi yang menyukai teknik fight “tarik-ulur” disarankan menggunakan senar berukuran 2 – 6 lbs.

Jangan lupa gunakan setelan drag yang sesuaikan dengan ukuran senar. Hentakan pertama tidak akan membuat ikan patin berukuran besar melawan dengan kuat, namun semakin ke pinggir ikan akan mulai berontak atau mengamuk.

Baca Juga : Tips Mancing Ikan Liar di Danau

Namun jika menggunakan senar kecil harus berhati – hati, karena jika hentakan mendadak dari ikan patin terhadap senar kecil dapat memutuskan tali senar. Ketika ikan sudah dekat dan siap untuk diangkat, siapkan serokan untuk mengangkat ikan dan jangan memegang senar pancing.

Mungkin cukup sekian penjelasan artikel dari kami mengenai Tips Mancing Ikan Patin Menggunakan Senar Kecil, semoga dapat bermanfaat untuk anda khususnya para pecinta mancing.

Jika anda suka dengan artikel ini silahkan share ke seluruh sosial media yang anda punya. Jangan lupa jika anda mempunyai kritik dan saran silahkan langsung komen saja di kolom komentar. Selamat Mencoba! SALAM STRIKE MANTAP !!

advertisement :

Tips Mancing Ikan Patin Menggunakan Senar Kecil | Barracuda

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*